Friday 29 April 2016

Makanan Khas Jawa Timur Pecel atau Nasi Pecel

Makanan Khas Jawa Timur Pecel atau Nasi Pecel
Bagi orang Indonesia khususnya Jawa pasti tau Pecel(diremukan), pecel adalah makanan yang menggunakan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan aneka jenis sayuran. Asal kata dan daerah pecel belum diketahui secara pasti dari daerah mana, tetapi dalam bahasa Jawa, pecel dapat diartikan berbagai arti seperti diremukan, tumbuk atau dihancurkan dengan cara ditumbuk.

Bagi orang Jawa Timur Pecel diperkirakan berasal dari Madiun, Jawa Timur, karena bumbu sambal kacang yang digunakan dalam campuran pecel mirip dengan yang digunakan sebagai bumbu sate Ponorogo. Makanan ini juga mirip dengan gado-gado yang dibedakan dengan campuran bahan dan  bumbunya.

Dari manapun asalnya pecel punya ciri khas daerah masing-masing, seperti pecel Blitar tekstur bumbu kacang pecel Blitar lebih halus, sedikit lebih berminyak, dan bercita rasa manis dan gurih. sebagai penyedap, pecel blitar menggunakan daun jeruk dan buah asem. Terkadang pecel di Blitar juga dicampur dengan serundeng atau pun rawon.

Berbeda dengan ciri khas pecel Madiun, Kediri, Malang, dan daerah lain yang ada di Jawa Timur. Tapi yang cukup terkenal dengan pecelnya adalah Madiun, yang konon asal muasal pecel Jawa Timur dari sana.

Bahan khas pecel dan isinya:


isi pecel
- Tauge
- Bayam / kangkung
- Kacang panjang
- Kemangi

Bahan bumbu

- kacang tanah (digoreng)
- bawang putih (digoreng utuh)
- kencur
- cabai rawit merah (sesuai selera) direbus
- lembar daun jeruk purut
- gula merah
- garam
- asam jawa
- air matang

dan jangan lupa peyeknya.

0 komentar:

Post a Comment