Sunday 24 April 2016

Rawon atau Nasi Rawon

Rawon atau Nasi Rawon
Ngomongin Rawon pasti banyak ragam dan asalnya, soalnya makanan yang namanya rawon bukan hanya ada di jawa Timur saja, di Jawa Tengah Rawon atau nasi rawon juga ada dan cukup terkenal. Tapi jangan dikira sama nama boleh sama tapi beda isinya, antara rawon Jawa Timur dan Rawon Jawa Tengah.

Di Jawa Timur sendiri Rawon macam-macam jenisnya, ada rawon nguling Pasuruan, Rawon Surabaya, Rawon Malang, Rawon Mojokerto.

Biarpun rawon macamnya banyak di Tawa Timur, tapi bumbu dasar dan isinya tetep sama Kluwek dan daging sapi.

Daging untuk rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Bumbu supnya sangat khas Indonesia, yaitu campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, serta minyak nabati. Semua bahan ini dihaluskan, lalu ditumis sampai harum. Campuran bumbu ini kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama-sama dengan daging. Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek. Di luar negeri, rawon disebut sebagai black soup.

Citarasa rawon yang manis gurih dengan warna kuah hitam dan aromanya yang khas, karena efek dari kluwek bumbu utama rawon. Untuk mendapat citarasa yang kuat harus bisa memilih kluwek yang tepat.

Kluwek merupakan sejenis tanaman yang bijinya berbentuk bulat/ovale /agak pipih dan kulitnya keras seperti batu. Untuk memanfaatkan Kluwek, kita harus memecahkan kulitnya dan mengambil isinya yang lunak berwarna cokelat kehitaman.

Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal) dan sambal.

0 komentar:

Post a Comment